5 Aplikasi Wajib di Ponsel Penulis

Sebagai penulis, kadang-kadang kita nggak selalu berada di depan komputer atau laptop. Nggak jarang, kita pergi ke suatu tempat hanya ditemani ponsel. Tapi di saat yang bersamaan, tetap ada kewajiban untuk terus produktif.

Ponsel Penulis

Baca lebih lanjut

5 Tips Menulis Cerita Berlatar Masa Depan

En l'An 2000: rumah kelilingJean-Marc Côté dan beberapa seniman Prancis pada akhir abad 19 mencoba menggambarkan masa depan melalui 87 lukisan. Seri lukisan itu berjudul En l’An 2000 (Pada Tahun 2000). Problemnya, tahun 2000 udah lewat, dan ternyata hampir nggak satu pun gambaran suasana di lukisan itu yang benar-benar terwujud. Baca lebih lanjut

Mengenal Genre Thriller

Kemarin lusa, ada mahasiswa Videografi dari salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Surabaya menyapa. Dia tanya-tanya soal thriller. Apa itu thriller, apa unsur-unsurnya, dsb. Aku udah jawab via email apa yang aku tahu. Tapi tiba-tiba aku mikir, kenapa nggak sekalian posting di sini! Jadi, buat yang belum ngeh tentang thriller semoga bisa lebih paham…. Baca lebih lanjut

Tokoh Anak di Kartun yang Mendunia, Kok Nggak Berayah-Ibu?

Bener, lo, ini aneh bin ajaib! Perhatikan tokoh-tokoh anak yang sangat populer di jagat perfiksian dunia. Sebagian besar mereka “nggak ada” orangtuanya. Nggak tahu udah meninggal, minggat, atau ada tapi diabaikan, yang jelas, tokoh anak itu nggak merasa kehilangan dan nggak berinisiatif mencari ortunya.

Silsilah Keluarga Bebek

Baca lebih lanjut

[Ide] Tokoh Superhero Kecoak (Tulis Sini Dulu, biar Nggak Lupa)

Contoh karakter kecoak

Contoh karakter kecoak. Gambar dipinjam dari spacecockroach.blogspot.com.

Batman udah ada. Catwoman udah ada. Spiderman udah ada. Antman juga ada. Kenapa Cockroachman belum ada, ya? Kalaupun ada, kok belum sekondang superhero binatang lainnya, ya? Padahal, nggak kalah keren lho potensinya. Lihat aja kecoak, kecoa, lipas, atau coro (Blatella sp.) di sekitarmu. Penampilannya gahar, bukan? Dengan tubuh cokelat tua mengilat, sorot matanya tajam, iiiih… cool awesome, deh! Baca lebih lanjut

Jangan Menggurui Pembaca, Dong…

Pembaca atau penonton itu orang cerdas, jangan menggurui merekaDalam mengarang, terkadang kita tergoda untuk menanamkan moral atau petuah-petuah tertentu. Tapi percayalah, kalau konteksnya fiksi, sebaiknya jangan lakukan itu dengan polosnya. Pilihlah jalan sedikit “memutar”. Memang agak sulit dan lama, tapi karyamu akan terlihat lebih manis. Biar jelas, kuberi contoh deh. Baca lebih lanjut

Kekuatan Konteks

Context is the king

Context is the king

Bayangkan, kamu menawari seorang teman yang kebetulan sedang berkunjung ke rumahmu untuk makan malam. Tapi si tamu bersikeras, “Udah makan kok.” Padahal kamu perhatikan tubuhnya lesu, mulutnya kering, napasnya bau asam lambung pertanda sudah kosong selama berjam-jam.

Penolakan verbal adalah teks. Sedangkan kondisi tubuhnya adalah konteks. Mana yang lebih kamu percayai? Kata-katanya atau tanda-tanda di tubuhnya? Teks atau konteks? Baca lebih lanjut