5 Aplikasi Wajib di Ponsel Penulis

Sebagai penulis, kadang-kadang kita nggak selalu berada di depan komputer atau laptop. Nggak jarang, kita pergi ke suatu tempat hanya ditemani ponsel. Tapi di saat yang bersamaan, tetap ada kewajiban untuk terus produktif.

Ponsel Penulis

Pertanyaannya, bisakah kita tetap survive dan produktif sebagai penulis hanya dengan ponsel?

Tentu bisa! Cuma, pastikan kita memiliki aplikasi-aplikasi yang tepat guna di dalam ponsel itu. Tinggal kita inventaris aja apa kebutuhan-kebutuhan kita, terus cari aplikasinya.

Kalau aku sendiri, begini aplikasi-aplikasi ponsel yang wajib ada di ponselku (Android), nih:

(1) Pembaca dan Pengolah Kata

Rekomendasiku, WPS Office. Aplikasi ini andal buat membaca dokumen, .pdf, spreadsheet, dan presentasi. Juga buat menulis sekelebat pemikiran di memo. Nulis novel juga bisa, sebetulnya. Tapi mata dan jempolku biasanya sombong: malas ngetik panjang-panjang di ponsel, hehehe….

(2) Penerjemah

Kamus multibahasa itu penting banget buat membantu kita membaca dan menulis bahasa asing. Untuk urusan ini, aku nggak bisa menyangkal jasa besar Google Translate. Meski, hasil terjemahannya selalu perlu diperiksa ulang.

(3) Kamus Bahasa Indonesia

Jangan terlalu mengagung-agungkan bahasa asing. Kita punya bahasa sendiri yang perlu selalu dipakai, disuburkan, dan dikembangkan: bahasa Indonesia. Coba, apa arti “teroka”? Apa itu “fugu”? Yang baku itu “asyik” atau “asik”? “Jomlo” atau “jomblo”? Instal dan cari tahu di aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Mari peduli pada bahasa kita sendiri.

(4) Penyedia dan Pembaca e-Book

Penulis juga butuh membaca. Untuk kebutuhan ini, aku menginsal Play Books dan Gramedia Digital (dulu SCOOP). Kedua aplikasi itu kupikir udah memberi kita pasokan bacaan yang cukup setiap bulan, minggu, bahkan hari. Memang bukan bacaan fisik atau kertas, tapi e-book. Nggak masalah, kan? Dengan e-book, e-magz, dan e-paper, kita lebih hemat ruang dan uang, lho. Sekaligus menyelamatkan bumi dari penebangan hutan dan pencemaran lingkungan.

(5) Peta

Ini nggak ada hubungan langsung dengan kepenulisan. Tapi dalam praktiknya, penulis juga butuh meriset jalan dan keadaan lapangan (foto-foto, kontur wilayah, dan sebagainya). Aku menggunakan Google Maps. Udah nggak terhitung jasa aplikasi ini. Baik untuk riset lapangan maupun riset pustaka, doi siap menginfokan jalan dan kondisi suatu daerah. GPS-nya juga bisa menuntun kita ke jalan yang benar.

Nah, itulah lima aplikasi wajibku. Kalau kamu, apa aja aplikasi wajibmu sebagai penulis?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.