Go-Video Competition: Indonesia Pilih Go-Jek, Hadiahnya Ratusan Juta

Gojek's Go-Video Competition 2016

Waduh, Go-jek bikin ulah lagi. Sepertinya start-up satu ini nggak habis-habis sumber dananya. Kali ini, mereka mengadakan lomba film 2-10 menit. Hadiahnya? Total 350 juta untuk tiga pemenang! Mantep, to? Enak, to? Makanya, buruan mikir ide kreatif untuk video bertema, “Indonesia Pilih GO-JEK.” Baca lebih lanjut

Iklan

Jangan Menggurui Pembaca Dong

Pembaca atau penonton itu orang cerdas, jangan menggurui merekaDalam mengarang, terkadang kita tergoda untuk menanamkan moral atau petuah-petuah tertentu. Tapi percayalah, kalau konteksnya fiksi, sebaiknya jangan lakukan itu dengan polosnya. Pilihlah jalan sedikit “memutar”. Memang agak sulit dan lama, tapi karyamu akan terlihat lebih manis. Biar jelas, kuberi contoh deh. Baca lebih lanjut

Skenario komedi: Ayah dan anaknya yang bandel

Ada beberapa masukan dari pembaca. Kenapa Warung Fiksi hanya kasih tips penulisan? Kenapa nggak sekalian kasih contoh? Yah, itung-itung supaya pembaca yang lagi belajar nulis bisa langsung ngeh dengan maksudnya. Jawabanku… okelah! Kenapa nggak? Kita mulai sekarang aja ya? Baca lebih lanjut

Mengirim Naskah yang Sama ke Beberapa Media Sekaligus

Pertanyaan yang cukup sering aku terima, “Boleh nggak sih kirim naskah yang sama ke beberapa media dalam waktu bersamaan?” Menunggu kabar diterima atau ditolak itu emang lama dan menjengkelkan. Media A minta waktu dua minggu (padahal dalam seminggu saja topik yang kamu tulis udah basi). Media B suka telat berbulan-bulan kasih kabar dimuat atau nggaknya. Males kan… Baca lebih lanjut

Langkah Sederhana Menjadi Penulis Produktif

Sering kita kagum akan seorang penulis, bagaimana dia bisa aktif menelurkan naskah dan bagus-bagus. Pasti ada rahasia di balik keberhasilannya. Aku tanya ke beberapa penulis seperti itu, dan berusaha merangkumkan jawaban-jawaban mereka menjadi tujuh poin penulis produktif:

  1. Kondisi fisik-mental top. Jangan harap bisa produktif kalau menulis pas capek, lapar atau sedih karena ditinggal mati kucing kesayangan. Baca lebih lanjut

Awas, Jangan Asal dalam Menulis Adegan Pembuka

Setiap cerita pasti punya adegan pembuka. Nggak kayak di konser musik dimana band pembuka bisa dikesampingkan, adegan pembuka dalam novel atau film merupakan gerbang yang menentukan audiensmu bakal meneruskan atau berhenti menikmati karyamu. Jadi, ini sangat serius. Pastikan kamu sudah mendesain pintu gerbang itu sekeren dan semenarik mungkin! Baca lebih lanjut

5 Langkah Edit Naskah Sebelum Dikirim

Editing atau penyuntingan memang bukan tugas penulis. Tapi sangat dianjurkan untuk kita lakukan, terutama untuk menghindari penolakan dari institusi yang kamu tuju (penerbit/PH/media). Fungsi pertama, biar naskah kita semakin berkilau, biar kita nggak dianggap penulis pemula yang banyak salah ketik atau inkonsisten dalam penggunaan bahasa. Fungsi kedua, untuk meringankan beban first readers/proofreaders/editor. Kalau pekerjaan mereka ringan, tentu mereka menyukai naskah kita. Kalau mereka menyukai naskah kita, itu sudah separuh jalan menuju terciptanya karya yang berkualitas. Baca lebih lanjut