Jangan Menggurui Pembaca Dong

Pembaca atau penonton itu orang cerdas, jangan menggurui merekaDalam mengarang, terkadang kita tergoda untuk menanamkan moral atau petuah-petuah tertentu. Tapi percayalah, kalau konteksnya fiksi, sebaiknya jangan lakukan itu dengan polosnya. Pilihlah jalan sedikit “memutar”. Memang agak sulit dan lama, tapi karyamu akan terlihat lebih manis. Biar jelas, kuberi contoh deh. Baca lebih lanjut

Iklan

Awas, Jangan Asal dalam Menulis Adegan Pembuka

Setiap cerita pasti punya adegan pembuka. Nggak kayak di konser musik dimana band pembuka bisa dikesampingkan, adegan pembuka dalam novel atau film merupakan gerbang yang menentukan audiensmu bakal meneruskan atau berhenti menikmati karyamu. Jadi, ini sangat serius. Pastikan kamu sudah mendesain pintu gerbang itu sekeren dan semenarik mungkin! Baca lebih lanjut

5 Langkah Edit Naskah Sebelum Dikirim

Editing atau penyuntingan memang bukan tugas penulis. Tapi sangat dianjurkan untuk kita lakukan, terutama untuk menghindari penolakan dari institusi yang kamu tuju (penerbit/PH/media). Fungsi pertama, biar naskah kita semakin berkilau, biar kita nggak dianggap penulis pemula yang banyak salah ketik atau inkonsisten dalam penggunaan bahasa. Fungsi kedua, untuk meringankan beban first readers/proofreaders/editor. Kalau pekerjaan mereka ringan, tentu mereka menyukai naskah kita. Kalau mereka menyukai naskah kita, itu sudah separuh jalan menuju terciptanya karya yang berkualitas. Baca lebih lanjut

Yang Perlu Kamu Tahu soal Alur

Nggak usah berpikir rumit. Anggap saja alur alias plot itu benang waktu, mirip timeline (linimasa) Facebook. Di sana, kamu mungkin pernah pasang status galau, sedih, senang. Naik-turun grafik psikologinya. Ya seperti itulah alur. Karena alur terdiri dari serangkaian peristiwa yang berurutan, berkaitan dengan tokoh-tokoh lain, dalam perumpamaan ini teman-teman Facebook-mu. Baca lebih lanjut

Inilah 5 Pilihan Setelah Menerima Surat Penolakan

Siapa sih yang nggak pernah ditolak? Aku bolak-balik. Tapi aku fine-fine aja tuh. Dan kalau kondisi mentalku fine saat naskah ditolak, maka saat naskahku diterima, tentu aku menjadi superfine! Makanya, santai saja, brosist! Dunia takkan kiamat hanya gara-gara kamu sering ditolak. Karena ada setidaknya lima pilihan kalau naskahmu jelas-jelas ditolak: Baca lebih lanjut

Memilih Tema Fiksi yang Mengena

Tanpa bermaksud mengulang-ulang pelajaran bahasa Indonesia di sekolah, mari kita belajar lagi tentang tema. Tahu kan, tema adalah pokok pikiran yang dipakai sebagai dasar mengarang. Ide besar dari sebuah karya. Biasanya, satu karya hanya mengusung satu tema utama. Tema yang baik, menurutku, adalah: Baca lebih lanjut