[Ide] Tokoh Superhero Kecoak (Tulis Sini Dulu, biar Nggak Lupa)

Contoh karakter kecoak

Contoh karakter kecoak. Gambar dipinjam dari spacecockroach.blogspot.com.

Batman udah ada. Catwoman udah ada. Spiderman udah ada. Antman juga ada. Kenapa Cockroachman belum ada, ya? Kalaupun ada, kok belum sekondang superhero binatang lainnya, ya? Padahal, nggak kalah keren lho potensinya. Lihat aja kecoak, kecoa, lipas, atau coro (Blatella sp.) di sekitarmu. Penampilannya gahar, bukan? Dengan tubuh cokelat tua mengilat, sorot matanya tajam, iiiih… cool awesome, deh!

Yang jelas, serangga satu ini udah banyak makan asam-garam. Udah nongol di bumi sejak 300 juta tahun lalu, sih. Sekarang pun masih survive. Dan hebatnya, bentuknya masih sama! Sementara dinosaurus yang gede dan perkasa itu udah lama almarhum, hanya menyisakan komodo dan buaya yang tubuhnya udah berevolusi dan “menciut”.

Kok bisa-bisanya binatang seperti kecoak terus lestari? Seolah Tuhan sengaja menghadirkannya sebagai saksi silih bergantinya peradaban di bumi. Yuk, kita kupas dikit soal binatang merayap ini…

Kelebihan Kecoak

Aku nggak bercanda ketika bilang kecoak layak dijadikan superhero. Binatang ini emang memenuhi syarat-syarat sebagai superhero:

  1. Cepat dan gesit. Kecepatan larinya sekitar 5 km/jam. Buat ukuran hewan segede kurma, tentu itu udah cepet banget. Kecoak juga sulit ditangkap, karena lihai memanfaatkan sudut ruangan dan celah-celah sempit. Ya, kan?
  2. Kuat. Kecoak afrika dapat hidup di suhu ekstrem. Hingga minus 150 derajat celcius atau sampai 60 derajat celcius. Wow! Kecoak juga bisa hidup tanpa kepala, lho. Beberapa hari kemudian, ia baru mati kelaparan. Bukan apa-apa, karena doi nggak punya kepala buat makan.
  3. Survivor. Ilmuwan Rusia Anatoly Grigorvey pernah mengirim kecoak ke luar angkasa dengan sebuah fasilitas teknologi. Kecoak itu ternyata dapat hidup selama 18 bulan di sana. Sebelumnya, penelitian di Universitas Lowa, Amrik, juga udah membuktikan kalau kecoak tahan terhadap radiasi 105.000 rems. Manusia aja cuma tahan 800 rems. Jadi, terpapar radiasi bom atom pun kecoak masih bisa hidup.
  4. Mau melakukan pekerjaan kotor. Bukan sekadar kotor, tapi ada kontribusinya bagi lingkungan. Profesor Srini Kambhampati dari Universitas Texas mengatakan, kalau populasi kecoak menurun drastis, siklus nitrogen akan kacau. Soalnya, kecoak biasa menyantap sampah-sampah organik yang banyak mengandung nitrogen. Doi lalu melepas kembali nitrogen itu ke tanah, membuat tanah subur.
  5. Bisa terbang juga. Biarpun nggak jauh, tapi itu udah cukup buat kabur dari marabahaya atau melakukan serangan ke lawan.

Tuh, lihat. Kece, kan? Tapi yang ada, kecoak malah sering dijadikan tokoh villain atau antagonis. Misalnya, di film Men In Black, doi digambarkan sebagai seorang/seekor alien monster.

Tapi Kecoak Ada Kelemahannya Juga

Apa menariknya superhero yang nggak kalah-kalah? Buat apa membaca atau menonton kisah superhero yang nggak punya kelemahan? Dijamin nggak ada tegang-tegangnya. Makanya, Superman dikasih kripton sebagai pengapesannya. Kecoak pun punya pengapesan:

  1. Dia memiliki banyak pemangsa. Kecoak adalah omnivora yang ada di bagian bawah rantai makanan, meski nggak bawah-bawah banget. Predatornya tikus, tokek, burung, dsb. Kecoak juga kadang dipaksa oleh tawon parasit untuk menjadi inang bagi telur-telurnya (setelah itu, doi jadi zombie yang hidup segan mati enggan… kasihan). Tapi, kalau si “kecoak” akhirnya bisa mengalahkan si “tikus” atau si tawon parasit, mungkin ini ending cerita yang menarik, guys.
  2. Ringkih terhadap racun. Disemprot Hit obat nyamuk aja udah modyar. Digerojok air sabun juga udah teler. Tapi, kalau si “kecoak” akhirnya bermetamorfosa menjadi jagoan yang lebih kuat (berserk) setelah tersiram insektisida, mungkin ini jadi twist yang menarik.
  3. Bau. Waktu SD, aku suka nangkep kecoak dan mengamatinya. Aku nggak takut, nggak jijik. Sampai suatu hari, aku sadar kalau kecoak itu bau! Aromanya khas dan sulit hilang. Sejak itu, aku males pegang-pegang lagi. Nah, rasanya, menarik juga kan kalau si tokoh diceritakan mempunyai masalah BB. Awalnya, baunya cuma menyebalkan bagi kawan-kawannya. Lama-lama, bau itu juga menyebalkan lawan-lawannya. Para penjahat langsung lemas dengkulnya saat mencium bau khas itu, karena mereka tahu, sang pahlawan udah ada di dekatnya dan siap menghajarnya.
  4. Gampang laper dan haus. Mau membunuh kecoak di kamarmu? Masukkan doi ke ruangan yang pintu dan jendelanya tertutup rapat. Jangan ada remah-remah makanan dan genangan air di sana. Sekitar dua minggu kemudian, dijamin doi lemes dan nggak lincah lagi. Berikutnya, langsung koit.

Wokeh! Segini dulu obrolan tentang kecoak. Semoga bisa memberimu ide cerita atau tokoh 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s