Thriller ID, Komunitas Pecinta Thriller

ThrillerID

Kenalkan nih, Thriller ID. Komunitas yang mengusung misi memopulerkan novel, film, serta komik bergenre thriller buat pembaca dan penonton Indonesia. Sejauh ini, mereka bergerak di dunia maya, khususnya blog, Twitter, dan Facebook. Tapi nggak tahu juga ya kalau mereka udah beberapa kali kopdar-kopdar cantik. Yang jelas, aku seneng banget ada komunitas seperti ini.

Dulu, sebagai penulis thriller, aku sempat kepingin bikin komunitas semacam ini. Kita bisa bicara apa aja di sana. Bukan cuma ngulik karya-karya thriller, tapi juga membuat mekanisme think tank yang menjadi inkubator buat mematangkan calon karya anggota. Juga bikin lapak dengan tujuan profit (bisnis) dan bantu-bantu promosi, ketika ada karya thriller anggota yang sukses terbit.

Dalam benakku, komunitas ini nggak harus bertatap muka, karena sudah pasti anggotanya nggak homogen dari satu kota. Penyuka thriller pasti tersebar di berbagai kota, pulau, bahkan negara. Jadi online aja, bolehlah….

Asalkan produktif! Entah produktif berkarya, berdiskusi, berbagi wawasan seputar thriller, berbagi kiat-kiat menulis, mewawancarai (menggali rahasia dari penulis-penulis thriller dalam maupun luar negeri), mereview karya-karya thriller, atau sekadar melempar ide-ide cerita untuk dikembangkan.

Wah, betapa asyiknya kalau komunitas semacam ini benar-benar terwujud. Tapi, aku sendiri ragu. Bikin komunitas itu gampang. Merawatnya yang susah, hahaha! Makanya, gagasan itu nggak pernah sampai ke tahap realisasi.

Sampai akhirnya, Om Tsugaeda (nama pena dari Ade Agustian) menyapa dan memperkenalkan komunitas Thriller ID. Aku cek Twitter dan blognya, hm, sepertinya kok hampir sama dengan rencanaku dulu, ya? Aku pun ketawa lega.

Kamu tahu, bikin komunitas thriller itu kayak fardhu kifayah buatku. Wajib hukumnya! Tapi kalau udah ada yang melakukannya, kewajiban itu gugurlah sudah. Hehehe….

Di sisi lain, aku juga yakin, komunitas penggemar thriller bukan cuma Thriller ID. Mungkin malah udah banyak. Akunya aja yang nggak tahu, soalnya kurang gaul. Terlalu lama bertapa dan bercanda dengan nyamuk-nyamuk goa… halah!

By the way, komunitas Thriller ID digawangi empat orang:

  • Fitrah Tanzil (@ftrahx) penulis cerita thriller dan detektif yang punya blog ini.
  • Ade Agustian (@tsugaeda) penulis thriller korporat Rencana Besar dan Sudut Mati. Personal webnya di sini.
  • Irfan Nurhadi (@Irfan_Nurhadi) yang suka bagi-bagi cerita detektif di blognya.
  • Ronny Mailindra penulis Kejar (kumpulan cerpen suspense) dan novel Lenka yang juga demen lari-lari (sebuah hobi yang bagus banget buat seorang pencerita). Blognya di sini.

Keep the good work, Guys! Aku sih berharap supaya apdet tweets, status, maupun artikel blog Thriller ID diperbanyak alias dipersering. Biar makin nonjok! 🙂 Semang-art…!

– Blog: thrillerid.blogspot.com
– Twitter: twitter.com/thriller_id
– Facebook: fb.com/thrillerid
– Email: thrillerid@gmail.com
– Lokasi: (kebanyakan mungkin di) Jakarta

Iklan

One thought on “Thriller ID, Komunitas Pecinta Thriller

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s