Jomblo? Lagi Cari jodoh? Rutin Nge-blog aja, Bray!

Jomblo? Lagi Cari jodoh? Rutin Nge-blog aja, Bray!

Gimana cara menghilangkan status jomlo (ini ejaan yang bener, bukan “jomblo”)? Gabung dengan situs jodoh, malu. Minta teman mencarikan jodoh, gengsi. Ikutan acara kayak Take Me Out, percuma, karena tuh acara lebih mengutamakan sisi pertunjukannya ketimbang pencarian cinta sejatinya. Ya udah, daripada galau, bikin blog aja yuk!

Lah, apa hubungannya?

Tadi katanya jomlo dan mau cari jodoh? Yang baca blog itu orang seluruh Indonesia, lo! Bahkan sedunia. Jadi peluangmu luas banget. Atau tepatnya: peluang si dia menemukanmu.

Tenaaaang, di blog, nggak perlu kok kamu ngaku lagi cari jodoh. Wah, bisa malu-maluin, tuh! Cukup bikin blog yang mencerminkan kepribadianmu.

Lama-lama, seiring bertambah populernya blogmu, ada aja nanti yang merapat. Entah dalam bentuk komentar, email, atau SMS/telepon. Di antara sekian banyak yang kontak itu, pasti ada, dong, yang lawan jenis. Nah, dari sekian lawan jenis itu, pasti ada yang sesuai seleramu dan sedang mencari orang sepertimu juga. Cieeeh….

Percaya, deh, kalau seseorang intens mendekat melalui blogmu, itu bukan selewat aja. Si dia pasti merasa nyaman duluan, karena sedikit-banyak udah tahu kepribadianmu dari tulisan-tulisanmu. Tinggal gimana kamu menindaklanjutinya.

Kalau dia bloger juga, ini bonus. Karena ada peluang kalian ketemuan di acara-acara kopdar.

Nah, tertarik mencoba menggaet jodoh lewat blog? Yang perlu kamu lakukan cuma membuat blog yang serius (nggak asal) dengan nama dan URL yang baik. Lalu…

  1. Buat Laman Tentang Saya. Ceritakan siapa kamu, asalmu, pendidikanmu, hobimu, kelebihan dan kekuranganmu, prestasimu, cita-citamu, dll. Cukup 500-700 kata. Kalau kepanjangan, kesannya kamu itu cerewet, narsis, atau suka menyombongkan diri. Kalau kependekan, kesannya kamu sosok yang pendiam, nggak pede, tertutup, atau sok misterius. Yang sedang-sedang aja.
  2. Di Laman Tentang Saya itu juga, pasang fotomu yang paling cakep dan jelas (jangan karikatur atau gambar kucing). Juga email, akun media sosial, nomor ponsel atau WA. Hah, nomor hape? Kalau diserbu spammer atau orang iseng, gimana? Ya nggak usah ditanggepin, atau blokir sekalian nomornya.
  3. Buat Laman Gallery untuk memamerkan passion-mu, biar pengunjung blog tahu level kekerenanmu. Hobimu melukis, fotografi, mencipta lagu, video, mendesain, atau bikin kue? Selalu pamerkan gambar, podcast atau video karyamu di page ini.
  4. Unggahlah konten secara rutin, minimal seminggu sekali. Sebisa mungkin berdasarkan pengalaman dan pemikiran sendiri. Hindari menulis keluhan atau umpatan, karena tulisan beraura negatif begitu bikin orang ilfil.
  5. Tanggapi setiap komentar yang masuk. Nggak peduli itu dari laki-laki atau perempuan. Karena siapa tahu, si dia sedang mengamati caramu menanggapi orang lain: ramah atau ketus, asyik atau kaku, menyenangkan atau menyebalkan, cerdas atau bego.
  6. Tebar pesona. Jangan lupa juga mengunjungi blog-blog lain yang menurutmu “sehati” dan meninggalkan komentar-komentar. Tulisan-tulisanmu di blog harus bermutu, komentar-komentarmu di blog lain pun kudu berkualitas dong, biar pencitraanmu selalu terjaga oke. Jangan lupa meninggalkan alamat blogmu di kolom yang disediakan, supaya bloger incaran bisa balas mengunjungi.
  7. Konsisten secara jangka panjang. Ngeblog itu maraton, bukan lari cepat. Santai aja, tapi maju terus. Jangan berhenti hanya karena belum mendapat apa yang kamu cari. Toh, banyak manfaat dari punya blog yang terawat: dokumentasi kehidupan (berguna kelak di masa tua), cari duit, cari nama, atau cari kesempatan. Sebagai contoh, aku diundang gratis ke Jerman cuma karena punya blog, lo.

Itu aja, sih. Nggak sulit, kan?

Oh ya, aku sendiri udah membuktikan semua ini. Aku berkenalan dengan jodohku, yang sekarang jadi istriku, pertama kali ya lewat blogku 🙂 Meskipun blog itu awalnya bukan diniatkan untuk cari jodoh, hehehe… Nah, kalau aku seberuntung itu, kenapa kamu nggak mau menjajal keberuntungan juga di jalur blog sebagai ikhtiar mencopot gelar jomlo?

Sebagai penutup, khusus buat kamu yang masih bingung, pakai blog apa? Yang gratisan atau yang berbayar sekalian? Nih, tonton dulu video Warung Fiksi berikut ini….

One thought on “Jomblo? Lagi Cari jodoh? Rutin Nge-blog aja, Bray!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.