Naskah Iklan Radio Ad-lib

Setelah di postingan kemarin kita bicara contoh naskah iklan radio, sekarang aku contohkan naskah iklan ad-lib ya. Apa bedanya? Sama-sama iklan radio dan diskenariokan, tapi beda dong. Kalau iklan biasa merupakan rekaman, sementara ad-lib dibacakan secara live oleh sang Penyiar.

Jadi, gaya baca, gaya bicara, antara satu penyiar dan lainnya turut memberi kesan beda pada iklan (ad-lib) ini. Meski harus tetap setia pada skrip, kalau penyiarnya pintar berimprovisasi dengan menambahkan drama, tentu iklan akan tampak lebih menarik.

Format naskah ad-lib sebenarnya bebas aja. Tapi karena konsumennya adalah telinga (radio kan?), maka bahasanya usakahan sederhana dan pendek-pendek ya. Nih contoh naskahnya:

Bosan dengan seminar bisnis yang begitu-begitu saja? Kecewa dengan training yang kurang berhasil mengubah cara pandang Anda? Terlalu banyak teori? Atau tidak jauh berbeda dengan di televisi? PrimeDay Seminar solusinya!

Kajian‐kajian ala MBA dari Universitas Chicago, Amerika, digabung dengan pengalaman para pembicaranya yang sukses berbisnis selama puluhan tahun, membuat seminar‐seminar PrimeDay terasa renyah, namun tetap tidak kehilangan bobot.

PrimeDay, telah dipercaya menangani ratusan seminar dan training rutin perusahaan‐perusahaan besar. Seperti Coca-Cola, Bridgestone, IBM, Sampoerna, Telkom, dan puluhan perusahaan nasional serta multinasional lainnya. Bagaimana dengan perusahaan Anda?

Untuk seminar dan training berkualitas tentang bisnis, salesmanship dan motivasi, hubungi PrimeDay Seminar di nomor 5**‐****. Atau kunjungi website‐nya, p*******.id. PrimeDay, a fun and crunchy seminar!

Ada naskah ad-lib yang menggunakan huruf besar semua kayak yang capslock-nya rusak gitu. Terus, titik diganti dua garis miring (//), dan koma diganti garis miring (/). Angka pun selalu ditulis dalam huruf. Contohnya gini nih:

SEBAGAI OBAT INFLUENZA / P****** SUDAH DIBUKTIKAN BANYAK ORANG / JITU DALAM MENYEMBUHKAN FLU DAN GEJALA-GEJALANYA / TERMASUK DEMAM DAN HIDUNG MAMPET // SEKARANG / P****** HADIR DENGAN FORMULA BARU // FLU DAN GEJALA-GEJALANYA DIJAMIN REDA DALAM SATU-DUA JAM //

Penulisan seperti ini katanya biar bisa dibaca dengan jelas dan lancar. Tapi entah kenapa, dari dulu, aku kok malah bingung baca model penulisan skenario all caps begitu ya.

Tapi, whatever! Semua itu tergantung institusi media atau PH tempat kita bekerja kok. Atau, tergantung maunya klien. Begitu pula kami di Warung Fiksi.

Iklan

2 thoughts on “Naskah Iklan Radio Ad-lib

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s