Naskah Iklan Radio: Lomba Film Pendek

Lomba ini nggak benar-benar ada sih. Skenario ini hanya contoh naskah yang merupakan modifikasi dari iklan radio klien kami. Yang mau kusampaikan di sini adalah teknik penulisan iklannya. Semoga bisa kamu pelajari untuk menulis iklan radio kamu sendiri. Cekidot! ~_^

IDENTIFIKASI

CAST

  1. Announcer (20-25 tahun)
  2. Talent 1 (wanita, 18-25 tahun)
  3. Talent 2 (pria, 18-25 tahun)
  4. Kritikus (pria, 30 tahun)
  5. Announcer cineplex (wanita, 30 tahun)

VENUE

  • Dalam bioskop.

SINOPSIS

Sepasang kekasih ragu film yang mau ditontonnya. Mereka lalu minta pendapat seseorang (yang tidak dikenal), yang ternyata adalah seorang kritikus film yang cerewet. Dari sana muncul woro-woro bahwa daripada mengkritik film habis-habisan, mending bikin film sendiri. Salah satunya melalui ajang lomba WWF.

SCRIPT

SOUND EFFECT

VOICE

Keramaian percakapan orang-orang di gedung bioskop.

“Tung ting tung ting! Perhatian, perhatian! Pintu Teater 2 telah dibuka… bla-bla-bla”.

Langkah kaki KRITIKUS mendekat.

ROLEPLAY 1

CEWEK: Yaaaang, nonton film yang itu aja yuk.

COWOK: Yang mana? Teater 4?

CEWEK: Ho-oh.

COWOK: Antriannya kayak uler gitu, males ah!

CEWEK: Ya itu kan tandanya filmnya baguuus…

COWOK: Ah, posternya aja kayak film anak gitu!

CEWEK: Ya emang kenapa… eh, tanya ke Mas itu aja yuk. Mas, Mas….

KRITIKUS: (Mendekat) Iya?

CEWEK: Mas udah nonton film itu?

KRITIKUS: Yang… Teater 4 itu? Udah dong.

COWOK: Bagus gak?

KRITIKUS: Enggak.

CEWEK: Loh? Tapi kok banyak yang ngantri?

KRITIKUS: Ya mereka kan orang awam, gak ngerti film. (Nyerocos) Bayangin, Mbak, di film itu gak ada tokoh berkarakter kuat. Dialog-dialognya sok romantis, sok melankolis….

Jingle ANNOUNCER 1

Hahahaha, emang masih jaman, Sob, ngeritik film abis-abisan?! Kalau kamu emang penggemar film sejati, ngapain juga nggak bikin film sendiri?

WWF mengadakan kompetisi film pendek berhadiah total 20 juta! Karya yang diminta cuman berdurasi 10 menit atau kurang. Temanya “penyelamatan lumba-lumba”. Genre bebas: komedi, action, drama, terserah!

Kirim film kamu dalam bentuk digital, paling telat 30 Agustus! Ayo, buruan geraaaak… ACTION!!

Langkah kaki CEWEK dan COWOK menjauh. ROLEPLAY 2 (Lanjutan)

KRITIKUS: (Meneruskan ocehan kritikusnya) … maksudnya ngejelma sosok misterius gitu tapi… jatuhnya malah lebay, hahaha!

CEWEK: Udahan yuk, Yang.

COWOK: (Fade out) Eh, aku dapet ide buat ikutan lomba film WWF nih!

KRITIKUS: Loh? Loh? Mas, mau kemana, Mas? Mbak? Yaaah, kok dicuekin gini sih.

Jingle ANNOUNCER 2 (Closing)

Info lebih lanjut, kunjungi website WWF.or.id.

Oke, segitu dulu ya contohnya. Jangan lupa, kalau perusahaanmu butuh jasa profesional untuk menulis atau mengembangkan skenario, silakan langsung hubungi Warung Fiksi ya… 🙂

Iklan

One thought on “Naskah Iklan Radio: Lomba Film Pendek

  1. Ping-balik: Naskah Iklan Radio Ad-lib | Warung Fiksi ®

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s