Best Seller nggak Best Seller, Keep Calm and… Jebret!

Karyamu sudah diterbitkan? Jebret… bagus banget! Hehehe, by the way, ternyata yang bisa mempopulerkan istilah-istilah aneh bukan cuma selebritas macam Syahrini atau Vicky ya. Komentator bola pun bisa bikin istilah yang jadi trending topic.

Balik ke topik. Aku cuma mengajak kita semua untuk nggak berlebihan bereaksi terhadap apa yang dialami oleh karya kita. Nggak peduli karyamu best seller atau nggak sebiji pun laku, tetap teruskan berkarya.

Jangan mudah berpuas diri. Bahkan jangan terlalu senang kalau stok bukumu dinyatakan habis stok di toko buku. Itu kan bukan berarti bukumu ludes terjual. Bisa aja buku itu diretur ke penerbit karena penjualannya lamban (slow moving). Untuk buku-buku laris (fast moving), sebelum toko kehabisan stok pasti sudah dipesan lagi, sehingga masih akan terpajang di toko.

Jangan pula terlalu bangga kalau bukumu ditempatkan di rak best seller. Karena faktanya, ada harga sewa rak best seller itu. Meski mungkin hanya penerbit, distributor, dan toko buku yang tahu. Itu namanya taktik marketing atau promotion cost. Kita nggak bisa sepenuhnya menyalahkan trik itu.

Begitu pula buat karya yang belum beruntung, penulisnya jangan mutung ya. Yang udah laris, jangan berubah narsis.

Biarlah masing-masing buku menemui takdirnya. Ada yang laris, ada yang nggak. Itulah kehidupan. Keep calm, brosist. Dan jangan lupa untuk terus bantu promosi. Tetap berpromosilah. Dan tetap menulislah supaya karya-karyamu rutin menyapa pembaca. Jadilah penulis yang cool, calm and… jebret! 😀

Iklan

2 thoughts on “Best Seller nggak Best Seller, Keep Calm and… Jebret!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s