5 Kualitas Penting dalam Copywriting

Di dunia bisnis, kehadiran penulis profesional sangat diperlukan. Penulis ini biasa disebut copywriter. Tugasnya terutama untuk menyampaikan informasi terkait perusahaan dan kampanye produk-produknya. Kalau kamu tertarik dengan profesi penulis tipe ini, ketahuilah, ada setidaknya lima kualitas penting yang dibutuhkan:

  1. Terampil mengomunikasikan produk secara detail atau elegan. Pakailah gaya “detail” kalau produknya inovatif dan tergolong baru. Pakailah gaya “elegan” (sedikit kata) kalau produknya sudah dikenal publik dan untuk kalangan atas.
  2. Kemampuan membaca pasar. Siapa pasar produk yang sedang kamu tulis? Bahasa untuk kalangan bawah tentu beda dengan bahasa untuk kalangan menengah ke atas. Bahasa untuk orang-orang BUMN nggak sama dengan bahasa para distributor. Bahasa korporat tentu lain dengan bahasa retailer. Dan seterusnya. Jangan terpaku pada satu style, karena tantangan copywriter sangat beragam.
  3. Memahami product knowledge. Kalau perlu, cobalah sendiri dulu produk yang mau kamu tulis. Dengan begitu, copy-mu akan menjadi “bernyawa”. Gimana kamu bisa meyakinkan orang untuk memakai ponsel Apel, kalau kamu sendiri pakai merek Pepaya.
  4. Nggak pakai bohong. Lebay, hiperbola atau berbusa-busa mungkin gaya komunikasi yang masih bisa ditoleransi (meski aku nggak menyarankan juga). Tapi konten yang mengandung penipuan publik, baik yang disengaja atau tidak, itu bisa jadi bumerang. Bahkan barangkali akan berujung di meja hijau bila ada yang dirugikan atau merasa nggak terima.
  5. Mampu membuai pembaca/penonton. Biasanya triknya dengan kalimat/narasi yang enak dibaca atau berkesan cerdas. Pembaca akan manggut-manggut, terngiang-ngiang, atau bahkan membeli produk itu. Tidak harus membeli saat itu juga, terutama bila tipe copy-mu bukan hard selling. Tapi setidaknya, pembaca/penonton akan selalu ingat bahwa produkmu ada (brand awareness).

Nggak terlalu susah kan? Nah, selamat mencicipi manis-asamnya dunia copywriting!

Dan seperti biasa, kalau kamu atau perusahaanmu kesulitan atau kewalahan dengan tugas-tugas semacam ini, pintu jasa penulis kami selalu terbuka lebar 🙂

Iklan

3 thoughts on “5 Kualitas Penting dalam Copywriting

  1. Ping-balik: Tips Dasar Membuat Infografik | Warung Fiksi ®

  2. Ping-balik: On Copywriting | WARUNG FIKSI

  3. Ping-balik: SEO Copywriting Tips | WARUNG FIKSI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s