Di dunia bisnis, kehadiran penulis profesional sangat diperlukan. Penulis ini biasa disebut copywriter. Tugasnya terutama untuk menyampaikan informasi terkait perusahaan dan kampanye produk-produknya. Kalau kamu tertarik dengan profesi penulis tipe ini, ketahuilah, ada setidaknya lima kualitas penting yang dibutuhkan:
- Terampil mengomunikasikan produk secara detail atau elegan. Pakailah gaya “detail” kalau produknya inovatif dan tergolong baru. Pakailah gaya “elegan” (sedikit kata) kalau produknya sudah dikenal publik dan untuk kalangan atas.
- Kemampuan membaca pasar. Siapa pasar produk yang sedang kamu tulis? Bahasa untuk kalangan bawah tentu beda dengan bahasa untuk kalangan menengah ke atas. Bahasa untuk orang-orang BUMN nggak sama dengan bahasa para distributor. Bahasa korporat tentu lain dengan bahasa retailer. Dan seterusnya. Jangan terpaku pada satu style, karena tantangan copywriter sangat beragam.
- Memahami product knowledge. Kalau perlu, cobalah sendiri dulu produk yang mau kamu tulis. Dengan begitu, copy-mu akan menjadi “bernyawa”. Gimana kamu bisa meyakinkan orang untuk memakai ponsel Apel, kalau kamu sendiri pakai merek Pepaya.
- Nggak pakai bohong. Lebay, hiperbola atau berbusa-busa mungkin gaya komunikasi yang masih bisa ditoleransi (meski aku nggak menyarankan juga). Tapi konten yang mengandung penipuan publik, baik yang disengaja atau tidak, itu bisa jadi bumerang. Bahkan barangkali akan berujung di meja hijau bila ada yang dirugikan atau merasa nggak terima.
- Mampu membuai pembaca/penonton. Biasanya triknya dengan kalimat/narasi yang enak dibaca atau berkesan cerdas. Pembaca akan manggut-manggut, terngiang-ngiang, atau bahkan membeli produk itu. Tidak harus membeli saat itu juga, terutama bila tipe copy-mu bukan hard selling. Tapi setidaknya, pembaca/penonton akan selalu ingat bahwa produkmu ada (brand awareness).
Nggak terlalu susah, kan? Nah, selamat mencicipi manis-asamnya dunia copywriting!
Dan seperti biasa, kalau kamu atau perusahaanmu kesulitan atau kewalahan dengan tugas-tugas semacam ini, pintu jasa penulis kami selalu terbuka lebar 🙂
Ping-balik: Tips Dasar Membuat Infografik | Warung Fiksi ®
Ping-balik: On Copywriting | WARUNG FIKSI
Ping-balik: SEO Copywriting Tips | WARUNG FIKSI