Usia Berapa Harusnya Kita Udah Eksis sebagai Penulis?

Siapa yang kirim pertanyaan ini ke emailku? Hayo, ngaku! Ini sama dengan pertanyaan usia berapa sebaiknya kita mau rutin menabung? Usia berapa mulai rutin menyisihkan duit buat investasi? Usia berapa mulai olahraga rutin membentuk otot? Dan seterusnya. Hehehe, ini pertanyaan-pertanyaan sederhana. Jawabnya pun sederhana: usia berapa aja kamu siap!

Banyak penulis-penulis berumur di bawah 10 tahun yang karyanya sudah nongol di toko buku, salah satunya lewat Kecil-kecil Punya Karya-nya Mizan. Aku dulu umur 20-an akhir baru menerbitkan karya. Ini umur 10 udah nerbitin buku! Berkali-kali, pula!

Apakah aku kemudian merasa bodoh? Ih, buat apa! Apakah aku harus merenung “ngapain aja ya aku selama ini…” sambil bentur-benturin jidat ke tembok? Nggak dong! Apakah aku harus salto sambil bilang “wow”? Yang bener aja, aku kan nggak bisa salto.

Yang perlu digarisbawahi, semua manusia ada jalannya, brosist. Yang terpenting adalah rasa syukur dan passion. Kalau bukumu bisa terbit saat usia 12 tahun, syukurilah karena itu istimewa! Kalau skenariomu baru dilayarlebarkan saat punggung sudah bungkuk dan rambut didominasi uban, tetap terimalah dengan rasa syukur.

Ini bukan lomba kok. Ini bukan hebat-hebatan. Menulis adalah passion seumur hidup, termasuk di dalamnya kemauan untuk terus belajar dan menajamkan skill (baca: mengejar ketertinggalan). Hebat saat remaja, tapi melempem waktu dewasa ya buat apa?

Tetap bersyukurlah dan jangan berhenti meng-upgrade diri.

Nggak akan ada yang peduli berapa usiamu saat sukses di bidang penulisan. Mulai aja menulis sambil terus belajar. Lupakan soal pencapaian atau penghasilan, rezeki itu Tuhan yang mengatur. Insya Allah, prestasi dan penghasilan bakal mengekor seiring dengan skill menulismu yang tambah oke. Percaya deh!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s