Apa Bisa Seseorang Menulis di Luar Sifatnya?

Kenapa tidak? Tahu Adithya Mulya penulis Jomblo? Kata orang (aku sih nggak tahu sendiri), dia orangnya serius banget. Terus gimana dia bisa menulis novel-novel yang konyol gitu? Ya karena dia mempelajari trik-trik membuat novel komedi.

Aku adalah sekadar contoh. Aku ini penulis thriller atau misteri. Tapi beberapa orang yang mewawancarai nggak jarang mengutarakan keterkejutannya, “Tadinya saya menyangka mewawancarai penulis thriller takkan penuh canda tawa begini. Bayangan saya, penulis thriller pasti serius, misterius.”

Teman kantorku adalah contoh yang lain. Dia orangnya pemalu. Tapi pekerjaannya adalah maintenance social media. Percaya nggak, nih anak cerewet banget di Twitter atau Facebook. Orang yang membaca tweets atau status-statusnya pasti mengira si admin gokil banget. Tapi begitu ketemu face to face, waaah, pasti langsung gubrak deh.

Hahaha…. Penulis dan karyanya itu bisa jadi dua mahkluk berbeda 180 derajat. Tentu, yang lebih sering terjadi adalah mereka sejalan: penulis horor orangnya pendiam sangar, penulis romance orangnya rajin membuat puisi dan diary, penulis komedi orangnya lucu, dst.

Tapi terkadang tidak begitu.

Kalau kamu merasa tidak romantis dan ingin menulis skenario percintaan, jangan berputus asa. Asalkan kamu mau menonton banyak film romantis dan mempelajari trik-trik membuat bumbu cinta dalam ceritamu, pasti deh, kamu lama-lama akan berhasil. Kalau kamu merasa sudah nggak muda lagi tapi bersikeras menulis novel remaja, maka pelajarilah secara serius kiat-kiat menulis untuk segmen remaja. Pasti bisa berhasil, meski perlu proses.

Belajar dan berlatih adalah kata kuncinya, brosist! Lakukan itu terus, gagallah berkali-kali, lakukan lagi, gagal lagi, luka, berdarah-darah, tapi lakukan lagi. Siap?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s