Memilih Tema Fiksi yang Mengena

Tanpa bermaksud mengulang-ulang pelajaran bahasa Indonesia di sekolah, mari kita belajar lagi tentang tema. Tahu kan, tema adalah pokok pikiran yang dipakai sebagai dasar mengarang. Ide besar dari sebuah karya. Biasanya, satu karya hanya mengusung satu tema utama. Tema yang baik, menurutku, adalah:

  1. Asli hasil olah pikir sendiri. Ini wajib, nggak boleh ditawar. Karyamu harus original, bukan dari copy-paste atau jiplakan.
  2. Sederhana. Tema yang simpel membuat pembaca/penonton cepat paham. Jangan membuat karyamu berbelit atau canggih, apalagi bila tujuannya supaya orang-orang menganggap sang penulis jenius. Itu motivasi yang kuno dan naif. Ingatlah, orang jenius adalah orang yang justru menyederhanakan fenomena kompleks (Einstein merangkum energi penciptaan semesta yang superrumit hanya dengan rumus E = mc2). Sementara orang bodoh adalah orang yang merumit-rumitkan sesuatu yang sebenarnya sederhana.
  3. Nggak disangka-sangka. Jangan sampai terjerembab pada tema klise (basi). Contoh tema klise gini: cowok/cewek urakan jadi alim, bintang basket pacaran dengan primadona sekolah, sahabat jadi pacar, mantan yang mengacau, orang mau mati menemukan pencerahan, putus lalu musuhan, orang kaya jatuh cinta dengan orang miskin, dst. Hindari!
  4. Kamu benar-benar memahami dan punya passion di tema itu. Jadi misalnya kamu adalah seorang mahasiswi kedokteran, yang paling oke ya kamu mestinya menulis nggak jauh-jauh dari tema kesehatan dan kedokteran.
  5. Meyakinkan. Kamu punya bahan yang lengkap dan detail untuk menulisnya. Semakin detail, karyamu akan terlihat kongkrit dan meyakinkan.
  6. Menyentuh emosi pembaca/penonton. Cuma, menurutku, abaikan saja yang ini. Kalau kebetulan karyamu bisa menyentuh emosi secara alami, ya baguslah. Bagus banget! Tapi kalau nggak, ya nggak apalah. Jangan berusaha terlalu keras untuk mengejar poin #6 ini, karena salah-salah, dramatisirnya malah lebay.

Nah, sudah dapat gambaran? Tunggu apa lag! Pikirkan ide dan temamu, susun kerangkamu, lalu mulailah menulis!

Iklan

One thought on “Memilih Tema Fiksi yang Mengena

  1. Ping-balik: Tips Dasar Membuat Infografik | Warung Fiksi ®

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s