Saya Nggak Percaya Institusi Ini, Gimana Dong?

Aku sering ditanya seperti ini, “Mas, saya mau kirim ke media, penerbit, atau Production House. Takutnya, naskah saya ditolak, tapi mereka membajak idenya.”

Ingin rasanya aku bilang, “Ya, saya juga beberapa kali mengalaminya. Mengirim artikel ke media, tapi media itu tidak memuatnya, dan beberapa hari kemudian mereka memasukkan beberapa data dan opini saya di editorial mereka. Tentunya tanpa menyebutkan nama saya.”

Karena memang, aku merasa itulah yang terjadi. Tapi, ah, nggak usah terlalu dipikirkanlah. Institusi-institusi itu memang berpeluang menyerap ide dari naskah yang kita kirimkan. Tapi kenapa kita harus khawatir? Kalau sejak awal kita nggak percaya pada institusi itu, ya nggak usah mengirimkan apa-apa.

Dan biar menyeluruh pemahaman kita, mari kita tengok dari sisi institusi media, penerbit atau PH. Kamu tahu, di institusi-institusi seperti ini setiap hari puluhan, ratusan, mungkin ribuan naskah masuk ke meja redaksi dari berbagai penjuru tanah air. Jadi, memikirkan bahwa sang redaktur atau penyelia mengambil naskahmu dan membajaknya, kemungkinan kecil sekali. Apalagi dengan risiko rusaknya nama baik mereka.

Maka saranku, pelajari profil mereka dulu. Sudah berapa tahun mereka berdiri? Bagaimana reputasinya? Banyakkah penulis yang bernaung di bawah benderanya? Apakah pernah ada kasus penjiplakan? Bagaimana instingmu tentang mereka?

Nah, kalau lewat penelusuran sederhana itu kamu tetap nggak sreg, ya nggak usah dikirim. Dan pahamilah konsekwensinya juga. Semakin kamu curigaan, semakin naskahmu mengendap saja di rumah, dan perlu waktu lebih lama untuk tampil di publik.

Tinggalkan Balasan

