Kirim Naskah, Bolehkah Sekaligus ke Beberapa Penerbit?

Email atau komen semacam ini sering aku terima di Warung Fiksi. “Kalau kita mengirimkan satu naskah ke Penerbit Lala, apakah kita boleh mengirimkan naskah yang sama ke Penerbit Dipsy, Po, dan seterusnya?”

Hm, mungkin para penanya itu ingin menghemat waktu. Kita tahu, untuk sampai pada keputusan menerbitkan sebuah naskah, penerbit butuh waktu 3-4 bulan, bahkan lebih. Jadi, alangkah wasting time-nya proses menunggu itu bagi penulis. Iya kalau jawaban akhirnya “iya”, kalau “tidak”? Malah bikin dongkol kan!

Tapi, kita nggak boleh melihat permasalahan hanya dari sudut pandang kita sendiri dong. Begini. Anggap saja mengirim naskah itu seperti nembak cewek. Kamu cowoknya, dalam perumpamaan ini. Kalau kamu nembak cewek dan cewek itu butuh waktu untuk menjawab, apa kamu lalu nekat nembak cewek lain dengan alasan menghemat waktu? Wah, parah kalau jawabanmu iya, bro! Cewek itu akan menganggapmu nggak tulus, oportunis, hanya mau enaknya.

Nah, begitu pula kalau kamu nembak penerbit. Biarlah si dia memutuskan menerimamu atau nggak dulu. Kalau memang kamu suka dengan penerbit itu, nggak ada salahnya menunggu 3-4 bulan. Mengirimkan naskah yang sama ke penerbit lain bukan hanya nggak etis, tapi juga menunjukkan keserakahan kita sebagai penulis.

Kalau sama-sama ditolak sih kamu justru beruntung. Tapi bayangkan ada dua atau lebih penerbit yang mengiyakan naskahmu dan menyodori kontrak penerbitan. Mampuslah kau! Kamu pun harus memilih satu penerbit dan menolak yang lainnya. Seolah-olah kamu penulis idola, seolah-olah kamu yang dicari penerbit, bukan sebaliknya.

Tapi, itu adalah bumerang. Karena nantinya penerbit yang batal mendapatkan tanda tanganmu di kontraknya akan memasukkanmu dalam daftar hitamnya. Seperti seorang cewek yang kecewa telah kamu permainkan hatinya.

Jadi, jawabanku atas pertanyaan di atas adalah, tunggulah penerbit mengonfirmasi penolakannya, baru kamu boleh mengirimkan ke penerbit lain. Bersabarlah sedikit. Kalau kamu sudah menyerahkan naskah ke penerbit, media atau PH, anggap saja sudah membuangnya. Buat lagi karya yang lain sembari menunggu jawaban.

Iklan

2 thoughts on “Kirim Naskah, Bolehkah Sekaligus ke Beberapa Penerbit?

  1. Kalo nulis cerpen udah diterbitin dikoran , boleh nggak kita nulis cerpen itu jadi skenario trus dikirim ke production house?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s